Tuesday 26 February 2013

Cara Merawat Hamster Roborovski Dengan Benar

Hamster roborovski adalah jenis hamster yang tercepat di antara hamster lainnya. Selain lucu dan warna bulunya yang berwarna emas, dia juga menggemaskan. Nah untuk menjaganya agar bulu mereka ga rontok atau jelek, kita harus rajin mencuci kandang mereka minimal sekali seminggu. Karena jika tidak dicuci atau diganti serbuk kayu atau pasirnya, maka akan basah oleh cairan mereka dan bulu2 mereka bakalan nempel2 di serbuk kayunya. Dan akan lebih baik jika sehabis mencuci kandang mereka, juga diberi cairan anti jamur. Karena takutnya di kandang mereka ada jamur nakal yang tumbuh baik yang kasat mata ataupun tidak. Banyak kok dijual di petshop.
Tadi udah tentang bulu hamster, sekarang tentang makanannya. Hamster sebenarnya tidak boleh diberi makan sayur mayur yang tinggi kadar seratnya. Karena saluran pencernaan mereka bukan kayak kelinci atau marmut. Sehingga tak sanggup untuk mencernanya. Bisa2 mereka sakit lagi. Beri aja mereka makanan hamster yang dijual di petshop. Tapi perlu diperhatikan juga. Pilih makanan yang mengandung vitamin penting, dan memenuhi kadar gizi untuk hamster. Dan sekali2 boleh diberi snack yang tidak berbumbu, wortel, dan kacang2an yang kering, tapi dalam kadar yang sangat terbatas kira2 dua kali seminggu aja. Oya minumannya juga harus diawasi. Jangan biarkan mereka kehabisan air minum. Bagi pecinta hamster yang ingin irit dan hemat dalam memberi gizi bagi hamster robo-nya, perlu memerhatikan apa yang terkandung pada komposisi makanan hamsternya. Sudah lengkap belum kriteria gizi yang kalian inginkan sehingga tidak terlalu memerlukan untuk membeli vitamin tambahan bagi hamster kalian. Hemat kan?
Nah bagi hamster robo yang gesit dan lincah, sebaiknya diberi kandang yang luas. Walaupun badannya kecil tapi mereka butuh ruang gerak yang luas. Dijamin deh kalau kandangnya luas mereka akan bermain dan tidak jarang membuat kalian ketawa-tawa karena ulah mereka. Mainannya juga sebaiknya ada, karena bila di kandang ga ada mainan mereka bisa bosen. Kan ga enak ngliat hamster yang kerjanya cuma tiduran aja sepanjang hari. Mainannya bisa berupa kincir, jungkat-jungkit, terowongan, bak pasir dll.

4 comments:

Unknown said...

kenapa harga roborovski relatif mahal?

Unknown said...

Mungkin krn dia susah dikembangbiakkan jd relatif langka

Unknown said...

Kira2 harga nya berapa gan?

Yonfriandi said...

30 ribu seeekor

Post a Comment

Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Cara Merawat Hamster Dengan Benar - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz